Independensi Mahasiswa

2 Nov

Perubahan, sebagai alunan perjalanan pergerakan kemahasiswaan, yang sering teringat bagaimana mahasiswa dapat mengubah sistem politik saat itu dengan kelompok yang dinamakan kelompok reformasi, jauh beberapa tahun yang lalu berbagai gerakan kemahasiswaan dari berbagai peristiwa sejarah Indonesia, mulai dari kebangkitan nasional, sumpah pemuda dll.

Hakikatnya mahasiswa sebagai penerus tonggak pemerintahan dimasa yang akan datang dengan berbagai pembinaan dan karakter dalam proses pembelajaraan ketika hidup dalam lingkup kampus atau dengan bahasa lain pendewasaan demokrasi

Demokrasi untuk mahasiswa merupakan menjalankan struktur lembaga dengan sistem pemerintahan mahasiswa yang ada berdasarkan sistem kenegaraan  yang sesungguhnya. Mulai dari sistem pemerintahanya, perundang-undanganya, semua perangkat yang didalamnya, pola kerja sampai pesta demokrasi yang dilakukan oleh mahasiswa (pemira).

Demokrasi mahasiswa berkaitan dengan independensi yang dimiliki mahasiswa, dalam berdemokrasi, mahasiswa dituntut tetap independen terhadap pihak eksternal, pihak eksternal yang meliputi birokrasi kampus dalam hal atura-aturan dan tata kelola terkait dengan kegiatan mahasiswa terlebih membatasi kegiatan kampus yang sesuai dengan NKK/BKK jilid 2, keadaan seperti inilah yang muncul dalam lingkup kampus sekarang ini. Independensi kaitanya organisasi ekstra kampus dalam kepentingan politik praktis, terkait dengan gerakan mahasiswa yang intelek dan bermoral. Indepensi kaitanya dengan pengaruh pemerintahan, jelas sebagai mahasiswa perlu sebuah sikap kritis terhadap apa saja yang dilakukan oleh orang-orang yang ada didalamnya terkait dengan kepemimpinan, mahasiswa sebagai mitra kritis harus bisa mencari solusi atas permasalahan yang timbul.

Dalam proses demokrasi pergerakan kemahasiswaan harus selamanya tetap ada sebagai agen pengubah, kekuatan moral, dan bekal masa depan untuk mengusung cita-cita perjuangan Negara. Kondisinya idependensi yang sewajarnya perlu untuk dilakukan oleh mahasiswa semakin lama semakin diacuhkan, mulai dari birokrasi, organisasi ekstra kampus bahan ketidak perdulian terhadap pemerintahan saat ini. Yang ada hanyalah sebuah kepentingan baik individu maupun golongan. Tidak ada lagi independensi bagi mahasiswa, semua terlihat sebagai sebuah sandiwara bagi orang-orang yang berkepentingan.

            Apakah mahasiswa akan seperti ini, Kehilangan independensinya yang berakibat minimnya kontribusi dan kreatifitas mahasiswa.

Hidup Mahasiswa!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: