Remote Desktop Windows XP dari Ubuntu 11.04

31 Oct

Langsung saja, Saya punya 2 komputer dengan 2 sistem operasi yang berbeda yaitu:

– Komputer 1 menggunakan Windows XP Pro SP2
– Komputer 2 menggunakan Ubuntu 11.04

Yang akan saya lakukan adalah mengambil alih full desktop komputer 1 melalui komputer 2. Bagaimana caranya? Yak, seperti ini :

1. Pada komputer 1 aktifkan fitur untuk mempersilahkan komputer lain (dalam 1 jaringan tentunya) untuk me-remote desktop komputer 1. Berikut ilustrasinya :

2. Masuk ke tab Display untuk mengatur tampilan grafis desktop komputer 1 pada komputer 2, saya memakai Operate in full screen mode agar tampilan desktop komputer 1 penuh 100% pada komputer 2 saya.
3. Setting komputer 1 selesai. Sekarang pindah ke komputer 2. Cari aplikasi Terminal Server Client.
4. Selanjutnya masuk pada tab General, lengkapi Text Box yang ada di dalamnya. Untuk memudahkan pemahaman saya jelaskan satu-persatu saja: Computer = IP Address komputer 1, Protocol = Aturan yang berlaku dalam komunikasi ini, User Name = Nama pemakai komputer 1, Password = Kata kunci pemakai komputer 1, selain dari itu kosongkan saja jika memang tidak ada.
5. Agar anda bisa menjalankan program pada komputer 1 melalui komputer 2 (contohnya menjalankan file multimedia, membuka dokumen, dll) tandai pada Start the following program on connection.6. Selanjunya klik Connect. Anda sudah masuk di komputer 1 melalui komputer 2. Untuk keluar dari komputer 1 klik Disconnect. Jika muncul kotak dialog lagi klik Cancel saja.

Bagi saya fitur Remote Desktop ini sangat bermanfaat bagi saya yang punya sifat sedikit agak malas beranjak dari depan komputer satu ke komputer lainnya (haha). Fitur ini sering saya gunakan saat saya ingin mengambil file dari komputer 1 saya sementara saya sedang ada di depan komputer 2 dan ternyata file tersebut belum saya share. Nah dengan fitur ini saya masuk ke komputer 1 dan men-share file tersebut.
Dikutip dari natassadnd

Leave a Reply

